Waliyullah Berguru Kepada Orang Gila

"Kisah waliyullah berguru kepada "
                            Orang gila
--------------------------------------

Aneh gak kalian mendengar judul ini , seorang wali berguru kpd orang gila
Aneh kan ....????

Suatu saat ada seorang waliyullah berbau Syeh junaid al baidebi. Di suatu hari dia keluar dari pesantrennya bersama dengan seorang santrinya untuk mencari orang gila yang di kenal orang kampung sana
Syeh : wahai santri kU, tolong cari kan bahlul ada di mana saya sudah lelah mencarinya, Kalau km menemuinya tolong panggil saya , saya Pengen bertemu dengannya
Santri : ada apa gerangan Syeh kok mencari si bahlul orang gila itu yang berbau busuk tdk pernah mandi ???
Syeh : aku Pengen sekali berguru kepadanya
Santri : apa....berguru???😱😱😱
Syeh : sudah sana carikan.
Santri : baik Syeh

Dalam benak santri tadi berfikir guru kU ini adalah orang yang sudah luas ilmunya dan pengetahuan nya, bahkan beliau seorang waliyullah dan banyak orang berguru kpd nya . Kenapa guru kU mau berguru kpd si bahlul yang gila itu
Itulah tata cara orang sar'i dlm berfikir dan bertindak lihat bungkusnya tdk lihat isinya

Setelah seorang santri bertemu dgn orang gila itu , seorang santri memanggilnya
Santri : hai bahlul ......
Orang gila:...........( diam tanpa menggubris panggilan seorang santri )
Santri : hai bahlul gila km di cara Syeh guru kU.
Orang gila : .........( tetap diam )
Setelah itu santri pergi dan memberi tahu tempat keberadaan orang Gila tersebut .

Santri : guru Alhamdulillah saya sudah menemukan bahlul Yg guru cari
Syeh : oh ya....dimana?? ....
Santri : mari ikut saya guru

Setelah itu Syeh junaid dan gurunya pergi bersama santri nya tuk bertemu si bahlul Yg di kenal masyarakat umum sebagai orang gila

Setelah ketemu terjadilah dialog

Syeh : Ass wr wb
Orang gila : Wss wr wb
Syeh : apakah boleh saya berbicara dengan tua????
( Syeh junaid bicara sambil menundukkkan kepalanya sebagai tanda takdim )
Orang gila : ada apa wahai Syeh junaid al baidebi km bertemu dengan saya???
Syeh : ..........( merasa bingung dan aneh 😱😱😱) ( terlintas dlm pikirannya , kok tahu nama saya ya...??)
Lalu Syeh junaid mengatakan : saya mau berguru kpd tuan
Orang gila : buat kau berguru kpd saya , sedangkan kau di hormati banyak orang dan santri mu banyak. Aku ini bahlul orang gila
Syeh : tidak apa apa tuan, biyarkan orang lain berbicara apa tentang tuan , saya tdk ada pikiran ke sana, saya cumak dpt petunjuk untuk berguru kpd tuan
Orang gila : ooo....gitu baik, sebelum km aku terima jadi murid kU jawab dulu semua pertanyaan kU
1. Bagai mana caranya orang makan, apakah km tahu ???
Syeh : ya saya tahu tuan !! caranya yang mencuci tangan, berdoa sebelum makan , berhenti sebelum kenyang , baru berdoa sesudah makan dan mencuci tangan lagi
Orang gila : tidak tahu bilang tahu ya sudah ......( pergilah si bahlul Dr hadapan Syeh itu )
Syeh : tunggu tuan tunggu beri aku kesempatan lagi
Orang gila: baik, apakah km tahu bagai mana caranya berbicara , apakah km tahu ???
Syeh : ya saya tahu
Berbicara dengan sopan , menghadap kpd orang Yg di ajak bicara jgn membelakanginya , bicara lemah lembut tdk menyakiti hati orang Yg di ajak bicara
Orang gila: tidak tahu bilang tahu
( lalu bahlul pergi lagi )
Syeh : tuang tunggu ....kasik aku kesempatan lagi
Orang gila: baik ....apakah km tahu bagaikan cara tidur ???. Apakah km tahu??
Syeh : ya saya tahu
Caranya kita ambil wudhu dulu, cuci kaki, setelah itu bersihkan kamar tdr, lalu baca doa sebelum tdr, dan apabila bangun , baca doa bangun tdr
Orang gila: tidak tahu bilang tahu
( pergilah bahlul lagi )
Syeh : tunggu tuan aku tidak tahu tolong ajarin saya
Orang gila : karena km bilang tidak tahu maka aku kasik tahu. Tadi km bilang tahu ya sudah aku pergi
1. Bagai mana cara orang makan, apakah km tahu caranya ???
Syeh : tidak tuan kasik tahu saya
Orang gila : caranya betul apa Yg km jawab tadi, tetapi apakah km tdk berfikir halalkah apa Yg km makan itu menurut Allah, halalkah bagai mana km mendapatkan makanan itu, uang halalkah Yg km gunakan, dan sudahkah sebagian dari harta mu kah sedekah kan??
Kalau itu km blm maka percumak apa Yg km kerjakan sesuai jawaban mu tadi krn Allah tdk Ridok , walaupun , km mencuci tangan sebelum/ sesudah , berdoa sebelum / sesudah makan
Syeh : termenung 😰😰😰
Orang gila : bagai mana cara berbicara
Syeh : tdk tahu tuan
Orang gila : cara nya apa Yg km jawab sudah betul
Tetapi apakah km sudah berfikir apakah Yg km bicarakan itu sudah km kerjakan , sebelum km berbicara banyak hal, lebih lebih masalah agama maka bersihkan lah dulu hati mu , jangan sibuk membersihkan hati orang lain, krn sesuatu Yg berangkat dari hati Yg bersih maka akan menembus cahaya nya kpd hati jugak
Benahi diri mu dulu , baru kau benahi diri mu sendiri , Allah paling tidak sukak kpd orang Yg banyak bicara tetapi dia sendiri tdk melakukannya.
Mengikatkan orang itu bagus tetapi Silahkan bagusnya kalau km benahi diri mu dulu . Satu tingkah laku lebih Dr PD 1000 nasehat
Km faham.....
Jadi percuma km melakukan apa Yg km jawab tadi kalau km tdk memikirkan itu terlebih dahulu krn Allah tdk akan rido
Syeh : ya tuan skr saya faham
Orang gila: apakah km tahu bagaimana caranya orang tidur ???
Syeh : tidak tahu tuah
Orang gila : jawaban mu betul
Tetapi apakah km sudah berfirkir
Kalau km tidur itu di niatkan ibadah , Yg tujuannya adalah km istirahat sejenak agar nanti bangunnya bisa kuat untuk ibadah kpd Allah , tdk ingat Allah sampai bangun pun juga
Kalau km cumak sebatas Wuduk, cuci kaki , baca doa sebelum/ sesudah bangun tdr tetapi km untuk melepaskan lelah , menghilangkan ngantuk, agama kerja besok siang kuat. Maka Allah tdk akan ridoa Kalau km tdk melakukan apa Yg saya jelaskan tadi

Ingat wahai Syeh junaid ibadah lah km jangan mencari rido Allah karena Allah bukan krn Pengen masuk surga bukan krn takut neraka tetapi krn mencari rido nya Allah SWT

Itulah cerita seorang wali berguru kpd orang gila

Komentar

Postingan Populer